February 6, 2010

Copenhagen Accord: Lembar Kesepakatan Untuk Kelangsungan Bumi Kita

Posted in Uncategorized at 3:52 am by cocomerina

Untuk ke lima belas kalinya, KTT Perubahan Iklim (COP), sebuah pertemuan yang membahas tentang iklim terbesar dalam sejarah diselenggarakan. KTT ini diselenggarakan di Copenhagen, Denmark, 7-18 Desember 2009. Pertemuan akbar ini melibatkan 15.000 orang dari 192 negara dan dihadiri oleh 105 kepala Negara.

Aksi penyelamatan bumi yang diselenggarakan selama kurang lebih dua minggu ini ditutup dengan keluarnya deklarasi mengenai perubahan iklim internasional yang dikenal dengan Copenhagen Accord, atau Kesepakatan Kopenhagen. Dalam kesepakatan ini, disebutkan jika suhu bumi tidak boleh naik lebih dari 2 derajat celcius dan terdapat sejumlah sumber dana hingga 100 miliar dolar AS pada tahun 2020 untuk penanganan dampak perubahan iklim.

Kendati rancangan keputusan COP tersebut oleh beberapa pihak dinilai lebih baik jika dibandingkan dengan “Bali Action Plan” sebagai hasil COP ke-13 di tahun 2007, namun hasil KTT kali ini dirasa kurang memuaskan karena tidak mencapai keputusan yang mengikat secara hukum (legally binding agreement) dan hanya berupa keputusan (decision) yang merupakan hasil paling lemah dalam sebuah konfrensi multilateral.

Tidak dilibatkannya beberapa Negara berkembang dalam penyusunan rancangan Copenhagen Accord ini menyebabkan konferensi ini tidak bisa meluluskan perjanjian tersebut dan hanya mencatatnya saja.

Lemahnya status kesepakatan ini akhirnya meninggalkan pertanyaan: apakah cita-cita memperbaiki kondisi bumi dapat tercapai apabila kesepakatan tersebut tidak menyebutkan batasan waktu dan angka target yang tepat terkait dengan pengurangan emisi gas yang dihasilkan oleh negara-negara maju? Ditambah lagi, tidak dibahasnya sangsi bagi pihak-pihak yang melanggar menimbulkan suara miring dari organisasi-organisasi lingkungan internasional yang menyebutkan jika rancangan tersebut merupakan langkah mundur dibandingkan dengan kesepakatan perbaikan iklim dalam Protokol Kyoto.

Banyak pihak bergantung pada keputusan yang dibuat di KTT Perubahan Iklim ini. Saling tuding antara negara berkembang dan negara maju mengenai siapa yang paling berkontribusi akan rusaknya iklim bumi ini sudah harus ditengahi dengan keluarnya suatu kesepakatan bersama yang mengikat dan membagi tanggung jawab yang sama untuk menjaga bumi ini. [ish]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: