March 31, 2008

Mengenal Lebih Dekat Infeksi Kandung Kemih

Posted in Uncategorized tagged at 5:44 am by cocomerina

Pernah gak kamu merasa ingin buang air kecil terus menerus, air seni yang terasa panas, atau yang lebih gawat lagi jika air seni kamu bercampur dengan darah? Jika kamu sudah mengalami minimal satu dari gejala-gejala yang sudah disebutkan di atas, maka tindakan yang paling tepat adalah bilang ke orang tua dan sesegera mungkin pergi ke dokter. Karena gejala-gejala di atas sudah menandakan jika kamu sudah mengidap Infeksi Kandung Kemih.

Apa sih Infeksi Kandung Kemih itu? Nah … yang dimaksud dengan Infeksi Kandung Kemih adalah infeksi yang disebabkan oleh bakteri yang terjadi pada saluran kemih terluar (tempat pembuangan air seni) hingga ke ginjal. Wa … ga mau kan masih muda tapi sudah kena gagal ginjal?karena (bukannya bermaksud menakut-nakuti loh) jika sudah parah penyakit ini dapat menyebabkan gagal ginjal

Infeksi Kandung Kemih ini bisa menjangkit biasanya karena kebiasaan kita menahan buang air kecil. Karena tanggung, tak jarang kita kerap menahan pipis hingga beberapa lama. Ternyata kebiasaan ini berbahaya loh, karena air seni yang berkumpul di kandung kemih bisa menjadi media yang baik untuk pertumbuhan kuman dan bakteri.

Penyebab lain penyakit ini adalah perilaku sehari-hari kita yang kurang memerhatikan kebersihan organ intim kita, karena daerah tersebut sangat rentan akan masuknya bakteri terlebih untuk anak perempuan.yang saluran urethranya lebih pendek jika dibandingkan dengan anak laki-laki.

Penyakit ini bisa disembuhkan ga sih? Wa … untungnya sih masih bisa. Jadi jika penyebabnya kita terlalu sering menahan buang air kecil, maka pertolongan pertama yang bisa dilakukan adalah meminum air sebanyak-banyaknya sehingga bakteri yang ada di dalam kandung kemih kita bisa turut keluar. Namun jika ternyata keadaan kita bertambah parah, segera pergi ke dokter dan biasanya dokter akan memberikan resep obat yang aman bagi kita untuk dikonsumsi.

So guys … jika kalian tidak mau dihinggapi Infeksi Kandung Kemih … beberapa hal yang perlu dicermati adalah:

· Minum air putih sebanyak-banyaknya (dianjurkan 8 gelas perhari) sehingga kuman dan bakteri yang ada di kandung kemih bisa terbawa keluar.

· Jangan pernah menahan buang air kecil. Jika kamu sudah terasa ingin buang air kecil, jangan ditunda segera cari kamar kecil.

· Jaga kebersihan organ intim kita. Usakan jika kita selesai buang air besar, bersihkan dari depan ke belakang sehingga kuman yang ada pada feces tidak terbawa ke organ intim kita.

· Gunakan air yang diyakini bersih pada saat membasuh organ intim kita.

Na … tidak sulit kan untuk mencegah penyakit ini berjangkit ke kita? Intinya adalah jangan sering-sering menahan buang air kecil dan selalu menjaga kebersihan organ imtim kita. [isthi]

60 Comments »

  1. cocomerina said,

    Saya buat artikel ini namun saya akhirnya menderita penyakit ini :(

    • lho??? kok bisa mbak?
      moga cepat sembuh ya…

      • cocomerina said,

        Thanks ya mbak :D

    • redimera said,

      kalau saya sih sering buang air kecil,tapi gak sampai sakitgitu.
      obatnya minum air putih , pelancar air seni.
      emang obatnya ampuh bgt?
      nama merk nya apa?
      harganya kira” berapa
      plis minta bantuan nya karena untuk ke dokter mahal

    • anwar said,

      artikel yang ringan tapi berat bobotnya, tks

    • gie said,

      semangat mbak… terima kasih untuk informasinya.. sangat membantu untuk teman2… :-)

    • sherly said,

      sy pernah mengalaminya malahan sudah stadium 3…dr tes urin.gejalanya kalo lg duduk serasa sakit pinggang bagian kanan seperti ada yg nyubit ga nyaman dibawa duduk…

  2. drupadi said,

    mba, aku jg skrg lagi kena penyakit ini.
    dokter yg ok di jakarta di mana ya?

    • cocomerina said,

      Wah, kebetulan aku belum pernah ke dokter mbak. Saran dari temanku sih minum pelancar air seni. Dan benar, ketika saya merasakan gejala2 penyakit ini lalu minum pelancar air seni, tak berapa lama langsung sembuh :D

  3. Prisa said,

    gini, aku masih bingung sebenernya aku sakit infeksi kandung kemih atau bukan?
    gejala yang aku alami, sering bgd pipis tapi warna pipisku normal, kadang2 sakit bgd pas lg ngeluarinnya, sangking seringnya aku jadi males k kamar mandi n skrg aku pke pembalut trus
    ada yg bilang aku gejala batu ginjal, ada jg yg bilang infeksi kandung kemih aku bingung T.T

    • cocomerina said,

      Terkadang memang gejalanya sedikit sama. Tapi daripada terlanjur, mending konsultasi ke dokter aja :)

  4. ratno ratno said,

    tidak ada penyakit yang tidak bisa disembuhkan kan mbak? tulisan mbak jauh berharga

    • cocomerina said,

      Amiin … semoga berguna :D

  5. sintadhinar said,

    Maksudnya pelancar air seni tu apa y mba?
    Kalo beli di apotek, merk obatnya apa ya?
    Thanks ya!

    • cocomerina said,

      Waktu itu kalau ga salah merknya Kejibeling :D

  6. arin said,

    mba. tante sy udh di vonis dokter menderita infeksi saluran kencing, stlh sy tx penyebabx, sama sm ap yg saya alami, tp dy itu mngkin parah soalx sakit bgt, g bs b’diri. sy sring dpt gejala 2 tp klo di itung 2 minggu 1x q ngerasain penyebabxn emang sakit bgt, gmn donk ap q menderita jg. . . . .

    • cocomerina said,

      Wah, sebaiknya sebelum menjadi parah mbak Arin banyak-banyak minum air putih aja dulu dan tingkatkan kebersihan daerah kewanitaan. Karena kalau sudah kena, ga enak banget lo, dulu saya sampai masuk UGD lantaran demam tinggi dan pinggang sampai paha sakitnya bukan main :(

    • cocomerina said,

      Huaa biasanya harus di cek di dokter mbak. Tapi biasanya daerah pinggang akan terasa nyeri dan disertai demam. Cepat sembuh ya mbak

  7. diyanti ningsih said,

    26 MAret 2010

    ass….
    mba, udah seminggu ini aku juga ngalamin gejala yang sama nih, bawaannya mau pipis trus, udah gitu…pinggang kyaknya sakiiiiiiiiiiittttttttttttttttt banget, belum di periksa sih, tapi banyak yang bilang juga klo sakit ku ini yah……infeksi kandung kemih…..ada info lagi gak, minum apa biar sakitnya gak berkepanjangan…..??? emang sih aku paling jago klo untuk tahanin pipis…
    mungkin itu penyebanya ..

    • cocomerina said,

      Hehe iya mbaaak … Kalau bisa jangan sering2 nahan pipis, soalnya kan urine kita itu mengandung banyak kuman. Plus, kalau sudah mulai sedikit sakit, perbanyak minum air putih :)

  8. RIYANTO said,

    SAYA PERNAH PERIKSA KEDOKTER,AWALNYA DOKTER BINGUNG DENGAN KELUHAN SAYA.SAYA TIDAK BISA MENAHAN KENCING(SAKIT BILA DITAHAN)NYERI SAMPAI KE PAHA.PAS SAYA DI SCAN TERNYATA GINJAL SAYA BAIK.kesimpulan dokter kemungkinan infeksi kandung kemih.cara pengobatanya kayak apa???

  9. ann said,

    Mba.salah satu gejala infeksi kandung kemih apakah perut kiri sblh bawah juga terasa nyeri? Saya merasakan kondisi itu dan mnurut teman bisa jadi saya kena ISK, apakah memang demikian gejalanya…

    • cocomerina said,

      Saya waktu itu lebih ke pinggang mbak. Untuk memastikan sih, lebih baik cek ke dokter mbak :). Cepat sembuh ya mbak.

  10. roy said,

    saya jg sering kencing2 tp air seni sy biasa aja, apakah cowok bisa kna jg?

  11. alenk said,

    thanks ya atas informasinya

  12. Cha said,

    Saya di diagnosa terkena infeksi kandung kemih mba,,, apa benar ini bisa terjadi karena berhubungan badan??? penyebabnya karena apa saja iya. Thanks Infonya

    • cocomerina said,

      Bisa jadi karena kedua pasangan kurang menjaga kebersihan organ intim sebelum berhubungan. Penyebab lainnya karena terlalu sering menahan buang air kecil, atau air yang kita gunakan untuk berbilas setelah buang air kurang bersih.

  13. Hero said,

    Saya juga mengalaminya sekarang..air kencing keruh bahkan smpe keluar darah, tes urine ternyata hasilnya saya terkena infeksi kandung kemih, selain diberi obat, dokter juga menyarankan untuk memperbanyak minum

    • cocomerina said,

      Iya, benar … memperbanyak air putih memang bisa mengatasi dan mengantisipasi banyak penyakit.

    • cocomerina said,

      Iya, benar … memperbanyak air putih memang bisa mengatasi dan mengantisipasi banyak penyakit.

  14. maschir said,

    Assalmualaikum,wr wb
    Urun rembug ya mbak, ini yg sy alami sendiri . Infeksi kandung kemih gejalanya sya anyang2en, sebab sering kurang minum dan menahan pipis.ini saya alami sejak Sma, dan kerja di bag mesin produksi.shg aku jarang bisa meninggalkan mesin dan minumpun tidak boleh ditempat kerja krn ada ruangan tersendiri tempat istirahat dan minum.kjadian ini berlangsung lama sampai pensiun pabrik tutup,dan mulailah sakit waktu pipis tdak tertahan,bahkan sampai berdarah selama 2 bulan. Diperiksakan ke dokter Urologi menjalani biopsi /check sampel ternyata sy menderita kanker kandung kemih stadium 3.Artinya kkemih sy hrs diangkat agar tidak menyebar kemana mana. Mbak bisa bayangkan bingung dan sedih juga klga,Sy coba beli obat herbal yg sering tayang di TV ke jakarta. Rupanya kanker saya sdh semakin dalam menembus lapisan kandung kemih.Akhirnya sy operasi pengangkatan k kemih di Bandung,dan k kemihku diganti dgn usus halusku sendiri yg dipotong dibuat kantong pengganti. Krn umurku skg 55th prostat diambil juga karena rawan kena kangker.Sekarang sy masih dlm masa penyembuhan,insya Allah doakan ya.
    Intinya buat tmn2 yg sering mengalami sering skit pipis dan anyang2an cepat ke dokter minta check urinlengkap dan darah sekalian di laboratorium.murahh ternyata beayanya di lab.agar tidak terlambat spt sy. Bahkan waktu bipis darah sy gak ngrasakan sakit,baru sebulan sblm operasi pinggangbawah sakit nyeri dan pegal.
    Semoga bermanfaat ,dan jgn sampai ada yg sakit spt saya.
    Salam .

    • cocomerina said,

      Haaa kanker kandung kemih :( aduuuh semoga cepat sembuh yaaa. Thanks atas sharingnya … semoga semua yang membaca semakin memerhatikan kesehatan, perbanyak air putih dan mengurangi aktivitas yang dapat menyebabkan penyakit ini timbul :(

  15. Wuri said,

    Ass wr wb, terima kasih mbak atas infonya.

    Abang saya di banjar masin mengalami hal yang sama, tp anehnya koq dia tdk bisa duduk lama krn pinggang kanannya sakit , dia bilang sdh minum obat resep dokter untuk infeksi kandung kemih . apakah ini mempengaruhi pinggang jg, mbak, trims

    • cocomerina said,

      Iya Mbak Wuri … pinggang saya waktu itu jadi sakit sekali :(. Semoga abangnya cepat sembuh :)

  16. adi said,

    Makasi atas semuanya, ne aku lagi di rs kasih ibu. Lg berobat penyakit infeksi kandung kemih. Pusing dah gara gara kurang minum air putih.

    • cocomerina said,

      Sama2 :). Wah, lagi di RS? :o semoga sekarang sudah sembuh ya. Amin

  17. tania said,

    Mba,saya juga ♏αΰ menanyakan segala saya setiap ♏αΰ tdr mlm aja saya sering kli kencing dan pingang saya pun rasa nya skit spt ada benjolan,tapi tdk ada,ªª ª kah itu pnyakit kandung kemih jg mba,•-̶̶•̸Ϟ•̸ tнǻnx чơu •̸Ϟ•̸-̶• Infonya y mba,smga mba jg cpt smbuh

    • cocomerina said,

      gejala yang saya alami dulu memang intensitas buang air kecil meningkat dan pinggang sakit. Namun kalau mau informasi lebih lanjut memang harus ke dokter, di cek apakah ada infeksi

  18. Nina syahrina said,

    Aku prnah kna 2x infeksi kandung kemih smp urine brdarah tpi tanpa demam,jangan than pi2s bnyak minum air putih

    • cocomerina said,

      Iya benar … nahan buang air kecil itu sepele tapi ternyata bahaya :(

  19. Handayani Hermawan said,

    aku sekarang lg ngerasain itu, tadi dah kedokter ampun mba sakit bgt ya, iya sih aku memang jarang banget minumnya, semoga kita semua sembuh dari penyakit itu ya, amiin.

    • cocomerina said,

      Jangan lupa minum air yang cukup :( karena sibuk kita sering lupa untuk minum :(. cepat sembuh ya

  20. rahmawati said,

    Assalamu Alaikum… Mba’ Saat ne Q merasakan salah sati gejala dari tulisan mba’… Kencing berkali2 bahkan hampir setiap menit n air seni Q bercampur darah + Rasa sakit yang sangad saat BAK…

    Kira2 yang Q alami skrg ne apa ya mba’… n bagaimana solusinya… Trim’s…
    Wassalam….

    • cocomerina said,

      Waduh, sampai berdarah ya … segera ke dokter Mbak … itu sih sudah parah ya :(. Cepat sembuh ya

      • mel said,

        mba , yg sy alami jg sakit pinggang trus diatas paha kanan terasa pegel kata dokter saluran kecing saya bengkak sdh minum bermacam2 obat tpi kenapa sring kambuh ya ?mba apa sama infeksi kandung kembih dengan pembengkakan. trimakasih

  21. dede said,

    Asalamualaikum
    mba sya skrg spt itu,,tp alhmdulillah bru smpe di sering2 pi2s dan pi2snya sdkit2.sjak masih sd sya sering nahan2 pi2s smpe skrg udah berrumahtangga..
    nah dsalah satu commentnya mba katanaya saran temen beli obat pelancar air seni ,,,bisa ga mba kalo gejalanya masih spt sya mo konsumsi obat tsbut????soalnya saya jd taku dan ngeri baca pengalaman tmn2 diatas dan kebanyakan perempuan yg tlh terlanjur mengidap sakit ini

    makasi mba mo Allah SWT senantiasa membahagiakanmu dan keluargamu dunia akhirat..amin

  22. Ajeng said,

    Ass.mb share dikit ya..
    Dah bbrp bln ini aq mengalami skt pnggang sblh kiri,puncaknya skr klo pi2s rasax skt bgt,apa itu tnda2 ISK?kalo blh tau obt nya apa ya mb selain minum air pth yg byk?ada ga obt herbal?mks artikelx brmanfaat bgt mb..

  23. tara said,

    aslkm mbak,,kayaknya gejala2nya persis sm dgn yg saya rasakan..emang sih gr2 sering nahan pipis plus jarang bgt minum air putih,,mhon do’anya y mdh2an saya bs sembuh,,thank’s bgt atas info nya y mbak :)

  24. oel said,

    Sama, saya juga.
    Infeksi kandung kemih ud 7 Tahun, baru kedeteksi Sabtu, 13 Agt 2011.
    Syukur Alhamdulillah ud selama itu tapi tidak berpengaruh dan ga’ merusak ginjal Saya.
    Terima Kasih Banyak Atas Sharingnya…

    Wassalam…

  25. nienz said,

    mba, ada gejala perut bagian bawah mengencang ga? ato keras gitu.. makasih banyak sebelumnya

  26. Farrel said,

    Yg lg infeksi kandung kemh ni obtxa, Neuromec 3x 1hr pg,siang,sre.BIMAFLOX 1hr 2x

  27. anis said,

    mbak,q jg nih..
    sring pi2 tp dikit,trus klo pi2s agak nyeri gt…
    cm heranx,q gk skt pinggang,mlainkn sakit di ke2 kaki,trasa linu2 gt…
    ud sminggu kyak gt…
    ap ni jg terinfeksi kandung kemih??

  28. Devi Lovatto said,

    mba saya merasakan tanda2 seperti ini tp kata dokter penyakit saya radang usus…saya jdi bingung…..
    ada ga obat tradisional’y??

  29. lakiku belakangan sering pipis2 gitu tapi katanya gag sakit, udah cek lab kandung kemihnya ok, tapi yang lain hasilnya belum keluar,…semoga gapapa deh..ini masih googling kira2 kenapa ya…

  30. mawar said,

    mba, aku juga sering baca di internet, katanya gejala infeksi kandung kemih itu juga bisa sering pipis di malam hari waktu tidur tanpa sadar (ngompol)
    gejala itu bisa dialami oleh remaja..
    apa bener begitu?

  31. Devi said,

    Saat ini saya sedang mengalami infeksi kandung kemih kata dokter tadi pagi d periksa
    Saya takut sebelum di periksa mengidap penyakit ginjal
    Karena saat pipis terasa sakit terakhirnya.

    Semoga qta akan di berikan kesembuhan oleh tuhan

  32. Jayupil said,

    Pinggang ma perut sblah kiri srg tiba2 sakit, perih, itu yg sya rasain… Kalo buang air kencing saya g sakit, cuman g tuntas aja…
    awlnya d vonis ginjal, tp stlah d periksa lg katanya ISK.. Mudah2an g kumat lg, krna lg jauh dr org tua.

  33. lisa said,

    mbak mau tanya dong klo dpt gejala pingin pipis terus,anyang”an dan perut bagian kana bagian bawah skt dan kdg beser sampai ga bisa nahan pipis itu infeksi kandung kemih bukan?dan ke dokter mana ya kandungan atas internist.tq

  34. walah gawat papahku di rumah sakit nie kena infeksi kandung kemih…. gimanany aku kawatir nie barang kali ada apa2

  35. Fitri Pluto said,

    ternyata sngt parah ny…hmmm takut…:)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: